Thursday, May 26, 2011

10 bangunan arsitektur yang menginspirasi di dunia

1. The Atomium, Brussels, Belgia.

Dibangun tahun 1958 untuk Brussels World's Fair. Atomium dengan struktur setinggi 102 m dalam bentuk kristal besi. The Atomium terdiri dari 9 bola baja yang terhubung melalui eskalator tapi ada 3 bola baja yang tidak terhubung sehingga tertutup untuk umum. Dalam cermin bola baja tersebut nampak pemandangan kota Brussel. Konstruksi melambangkan perdamaian antara bangsa - bangsa.



2. Katedral Brasilia, Brazil.
Ini gereja Roma-Katolik di ibukota Brasil dirancang oleh Oscar Niemeyer untuk melambangkan dua tangan yang menunjuk ke surga. Katedral terdiri dari 16 kolom beton, merupakan struktur hyperboloid dengan bagian asimetris. Di lapangan di luar katedral, patung-patung perunggu empat mewakili para pengunjung Penginjil menyapa. Tiga ditangguhkan patung malaikat menghiasi interior bangunan, dengan berat 100 kg, 200 kg dan 300 kg.




3. Kunsthaus, Graz, Austria.
Dibangun untuk merayakan Ibukota Kebudayaan Eropa penerima Graz pada tahun 2003, Kunsthaus dirancang oleh Peter Cook dan Colin Fournier dalam bentuk organik dengan kulit yang terbuat dari panel biru warni. Dengan nozel yang besar menonjol, konsep yang dikenal sebagai "blob architecture" atau oleh desainer-nya dijuluki bangunan "Friendly Alien" .
Museum ini digunakan sebagai acara berbagai seni kontemporer selama 40 tahun terakhir. Pada malam hari, museum ini nampak terpancar pemandangan yang menakjubkan.



4. Rumah Sopot, Bengkok, Polandia.
Dibangun oleh Szotynscy & Zaleski dan terinspirasi oleh ilustrasi anak-anak yang dibuat oleh Jan Marcin Szancer dan Dahlberg Per. Gedung Bengkok (Krzywy Domek) ini dibangun pada tahun 2004 sebagai bagian dari pusat perbelanjaan Sopot Rezydent di pusat kota. Rumah tiga lantai dengan fitur beberapa bar, restoran dan toko-toko wisata ini merupakan bangunan paling banyak difoto di Polandia.



5. Ideal Palais, Hauterives, Perancis.
ideal Palais atau Istana Ideal merupakan bukti seberapa jauh Anda bisa dapatkan jika Anda tabah mengejar mimpi. Puri dibangun oleh Ferdinand Cheval, seorang tukang pos Perancis yang mendedikasikan 33 tahun hidupnya. Ia terinspirasi oleh batu yang tersandung kakinya. Dia berhenti untuk memeriksa batu itu dan menemukan begitu aneh sehingga ia memutuskan untuk membawanya pulang dan dia kembali keesokan harinya untuk mengumpulkan batu lebih banyak lagi sehingga terbentuk bangunan benteng dari batu kecil dan kerikil. Ini contoh arsitektur "naive art / naif seni" dengan pengaruh dari Alkitab serta mitologi Hindu dan sekarang bangunan tersebut terbuka untuk umum.




6. Casa Batllo, Barcelona, Spanyol.
Dibangun pada tahun 1877 oleh Antoni Gaudí dan Josep Maria Jujol. Batllo Casa di Barcelona ini merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Penduduk setempat (Katalan) menyebutnya sebagai Casa dels ossos (House of Bones), eksterior bangunan memang memiliki penampilan kerangka yang luar biasa. Façade ini terbuat dari keramik pecah dalam nuansa oranye, hijau dan biru. Dalam desain itu, Gaudí terinspirasi oleh bentuk dan warna yang banyak ditemukan dalam kehidupan laut.




7. Federation Square, Melbourne, Australia.
Federation Square terdapat beberapa toko, restoran, kedai kopi serta museum yang dikhususkan bagi seni australia. Desain yang tidak biasa ini memanfaatkan seng, kaca, batu pasir serta di tutupi dengan 3.000 ton blok baja serta 4.000 kumparan pegas untuk menyerap getaran dan dibutuhkan 8 tahun untuk merancang & membangunnya.





8. Stadion Nasional, Beijing, Cina.
Dirancang untuk Olimpiade Musim Panas 2008 dan Paralimpiade. Beijing National Stadium ini dianggap sebagai ruang tertutup terbesar di dunia dengan volume tiga juta meter kubik. Desain arsitektur yang diciptakan oleh perusahaan Swiss Herzog & de Meuron ini diilhami oleh seni budaya Cina dan lebih dikenal sebagai "Stadion Sarang Burung" karena balok baja yang membentuk atap. Stadion 91.000 tempat duduk berbobot 42.000 ton dengan ukuran 294 m dari timur ke barat dan 333 m dari utara ke selatan. Stadion Nasional Beijing ini akan menjadi tuan rumah IAAF World Championships Atletik pada tahun 2015.



9. Stadion Olimpiade, Montreal, Kanada.
Dirancang oleh arsitek Perancis Roger Taillibert dan dibangun untuk Olimpiade Summer Games pada tahun 1976. Olympic Stadium ini dikenal sebagai "Big O" atau "Big Owe", karena harga pembuatanya pada saat itu bener-bener selangit. Stadion tersebut tidak dapat diselesaikan pada waktu acara sehingga pada saat Olimpiade berlangsung, stadion ini tanpa menggunakan menara atau atap. Pada tahun 1981 atap tersebut baru dapat didatangkan dari paris akan tetapi atapnya masih belum bisa berdiri dikarenakan dana yang tidak mencukupi belum lagi bila perbaikan membutuhkan ongkos yang mahal. Dikarena ketidakberuntungan seperti ini Stadion Olimpiade ini mempuyai daya tarik paling terkenal di Montreal. Big O ini merupakan stadion terbesar di Kanada dengan menara yang miring sebagai ciri khas serta tertinggi di dunia karena kemiringanya tsb & dapat naik untuk melihat keindahan kota. 




10. Walt Disney Concert Hall, Los Angeles, Amerika Serikat.
Pembangunan Walt Disney Concert Hall dimulai pada tahun 1992 dan mengalami beberapa rencana perubahan di awalnya guna meningkatkan hasil yang lebih baik. Eksterior gedung ini dari stainless steel, pada panel-panelnya seperti cermin harus diampelas untuk mengurangi sinar matahari langsung. 



No comments:

Post a Comment